Wednesday, February 15, 2023

Sophis


pict by:pixabay

Sophis


Opini

Pendidikan mempunyai peran penting dan menjadi ‘muka’ dari suatu peradaban. Suatu peradaban yang baik dapat diukur dari baik dan buruknya pendidikan. Berbicara menganai pendidikan, ada beberapa instrument yang mejadi syarat adanya pendidikan. 

Instrument tersebut diantaranya pendidik dan peserta didik. Seorang pendidik sering disebut ‘guru’ dan peserta didik disebut ‘murid. Pendidik dalam konteks hari ini sudah menjadi semacam profesi/pekerjan yang punya orientasi keuntuungan. Keuntungan berupa materi yang sebagai alat penunjang kehidupan (uang). 

Dari fenomena tersebut akhirnya menjadikan proses pengajaran kurang optimal, karena menurut saya tanggung jawab sebagai profesi dan tanggung jawab seseorang yang mempunyai ilmu sangatlah berbeda. Tanggung jaawab profesi selesai pada urusan keuntungan. 

Sedangkan tanggung  jawab keilmuan tidak pernah selesai pada urusan apapun. Ilmu untuk ilmu. Memberi sesuatu untuk kebaikan.

Istilah sophis pada era Socrates menjadi gambaran orang-orang berilmu yang ilmunya ditukar dengan keuntunngan. Indikasinya adalah mereka memilih target peserta tertentu untuk dijadikan objek pengajaran. 

Menurut saya itu bukan bentuk pengabdian dari seseorang yang mempunyai ilmu.  Orang yang mempunyai ilmu harusnya berjuang untuk ilmu.




Semoga hari kalian menyenangkan  ^_^

 

No comments:

Post a Comment